foto keluarga kami

Sabtu, 28 Februari 2009

between broken home child and the greatest thing to be a mom

menjadi orang tua- ibu terutama ternyata emang tak tergantikan ya rasanya... ngga menampik juga pola asuh kita waktu kecil berpengaruh terhadap pola kita mengasuh anak, apalagi yang berasal dr broken home family-kaya yang nulis ini..yah semua memang ada sisi + dan -, tergantung bagaimana kita memilih pola aja.. saya bukanlah ibu yang sempurna, dan memang ta ada ibu yg sempurna, tapi engga tau knapa aku merasa enjoy sekali mengasuh sendiri anak2ku, satu hal yg aku ngga dapet dr ortuku krn mereka hire babysitter for me and my bro. tanpa aku bermaksud membandingkan, tapi ada satu episode dr oprah dmn ada satu person berasal dr keluarga yg broken stlh 30th blm dpt melupakan sgl sesuatu ttg keluarganya.. nah dari situ aku berfikir dan merenung.. oh iya, akupun-dan aku yakin adikkupun juga- mempunyai perasaan yg sama. kalau mau membuang gengsi, dan melihat ke hati yg paling dlm, sbnrnya kami mengalami trauma yg sangat hebat, dan rapuh- walaupun dr luar kami terlihat masa bodoh, acuh, atau kuat, dan menjadikan kami tmbuh ngga kaya anak2 yg lain, kami pasti merasa 'lain'- dan aku blm pgn menjelaskan semua ttg ini, ngga tau knapa rasanya masih ngganjal ajah.. Dan dari situ aku menghubungkannya dengan posisiku sekarang sebagai ibu, dan bagaimana aku menyikapinya.
well, ternyata polaku how to raise ur child ini berdasar pada rasa ketidakpuasaanku terhadap pola asuh di masa kecil, tapi ga semua lhoo.. kebanyakan malah menjadi basic pola asuh yg positif untuk pola asuhku sendiri ke anak2... misalnya ya.. dari aku dulu yg diasuh nanny, sekarang aku mengasuh sendiri dengan pertimbangan aku ga mau melewatkan perkembangan anak2ku, aku mengatur sendiri mulai dari pola mkn, jenis susu, wkt istirahat, dan kebersihan dan keperluan rumah. anehnya aku merasa sangat enjoy dan puas dapat melakukannya sendiri untuk keluargaku, padahal ngga ada lo yg membiasakan aku seperti ini dr kecil, mamiku ngajarin harus bisa melakukan semuanya, mulai dr dapur sampe ke bengkel, walaupun ga tiap hari dilakukan.. dan aku sangat merasakan manfaatnya sekarang- thanks to you mom! dari kecil aku rarely mndpt masukan ttg agama, kebanyakan aku dapet dr sekolah aja, sekarang kami membimbing anak2 pelan2 aja tp mereka paham- alhamdulillah husbi adalah org yg bisa membimbing kami, amiin.. aku adalh seorang yg cukup keras perasaannya, dan aku pikir ok.. ini krn aku dibiasakan 'menjadi yg plg tua' dan sdh bkn wktnya untuk bermanja2, skrg aku memperlakukan anak2ku bukan as a baby, but kidz always try to be what they wanted to be kan? jd ya let them go on their wants, asal dgn panduan.. dan masih byk aspek positif lain yg aku dapet yg ga mgkn aku critain satu2..yang penting aku menerapkan let it flow aja, asal in the positive way, dan aku juga ga pernah mau menerapkan parents as friends, parents is parents that's it! tp kami akan berusaha menjadi orang tua yg opened mind,ortu yg pny standar sendiri dlm mengasuh, ngga banyak menuntut-krn itulah hakikat jd ortu, pengabdian yg tak meminta balas- .. amiin....

3 komentar:

dayat dan dita mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
dayat dan dita mengatakan...

alhamdulillah..

orangtua ksh pelajaran baik tu biasa..

tapi anak yg bisa belajar dr kesalahan orangtua tu yang luar biasa..

caiyoooo sista..

Anonim mengatakan...

jd terharu baca postNa sis....
semangaD....
Allah selalu ada to hamba yg mw berusaha meningkatkan kualitas diri d jalanNya. semoga Allah melncarkan ikhtiar sista n memberi d'best result...:)